HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ORANGTUA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI BABAKAN KALIMANAH PURBALINGGA JAWA TENGAH

Dwi Agustina, Nurlaeli (2015) HUBUNGAN ANTARA INTERAKSI ORANGTUA DENGAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK PERTIWI BABAKAN KALIMANAH PURBALINGGA JAWA TENGAH. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
BAB I-V.pdf

Download (583kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, memberikan informasi, menjadi pedoman bagi orang tua maupun guru dalam mendidik anak, dan mengetahui tentang adanya hubungan yang signifikan antara interaksi orang tua dengan keterampilan berbicara anak usia 4-6 tahun. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini menggunakan populasi sebesar 90 orang ialah orangtua siswa di TK pertiwi tahun ajaran 2013/2014. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 90 orang, serta dapat diketahui dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu interaksi orangtua dan keterampilan berbicara anak usia 4-6 tahun. Teknik pengambilan data yang digunakan didalam penelitian ini adalah dengan angket, dan instrumen penelitian yang digunakan adalah checklist (daftar cocok). Uji validitas di dalam penelitian ini menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi orangtua dengan kemampuan bicara pada anak usia 4 – 6 tahun di TK Pertiwi Babakan, Kalimanah Purbalingga. Dari hasil analisis regresi diketahui nilai t hitung sebesar 5,5843 dengan nilai signifikansi sebesar 0,0000 atau lebih kecil dibandingkan nilai alphanya (α = 0,05), dan hasil penelitian dapat diketahui besarnya nilai korelasi antara interaksi orang tua dengan kemampuan berbicara pada anak sebesar 0,637 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau lebih besar dibandingkan nilai alphanya (α = 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara interaksi orang tua dengan keterampilan berbicara pada anak. Berdasarkan data tersebut maka faktor utama dalam keterampilan berbicara anak usia 4-6 tahun adalah pengaruh interaksi yang dilakukan oleh orang tua. Kata kunci: interaksi orangtua, keterampilan berbicara anak usia 4-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item