UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI KEGIATAN KERJA KELOMPOK DI KELOMPOK A TK NEGERI TRUKAN SIWATES KALIGINTUNG TEMON KULON PROGO

Nola, Sanda Rekysika (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI KEGIATAN KERJA KELOMPOK DI KELOMPOK A TK NEGERI TRUKAN SIWATES KALIGINTUNG TEMON KULON PROGO. S1 thesis, PG PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NOLA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kerja sama anak melalui kegiatan kerja kelompok pada anak Kelompok A Taman Kanak-kanak Negeri Trukan. Kegiatan kerja kelompok dipilih karena kegiatan kerja kelompok dapat menggerakan anak melakukan kerjasama dengan baik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek pada penelitian ini adalah 18 anak Kelompok A TK Negeri Trukan Siwates Kaligintung Temon Kulon Progo yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Objek penelitian ini yaitu kemampuan kerja sama anak yang meliputi kemampuan berinteraksi, tanggung jawab, dan saling membantu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase seluruh aspek menunjukkan 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kerja sama anak meningkat setelah adanya tindakan melalui kegiatan kerja kelompok. Dari data kegiatan Pratindakan menunjukkan persentase kemampuan kerja sama anak secara keseluruhan adalah 47%. Pada Siklus I persentase kemampuan kerja sama anak meningkat menjadi 73%. Pada Siklus II kemampuan kerja sama anak kembali mengalami peningkatan menjadi 96%. Dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase sudah mencapai angka yang ditentukan, yakni 80%. Kegiatan kerja kelompok yang diberikan dalam penelitian ini berupa mewarnai gambar, menyusun puzzle, memilah biji dan mix media. Adapun langkah-langkah yang ditempuh dalam kegiatan kerja kelompok yaitu guru mempersiapkan media pembelajaran, guru dan anak membentuk kelompok, guru menunjuk pemimpin, anak membagi tugas dalam kelompok. Setelah kegiatan kelompok usai, guru membagikan reward di akhir kegiatan untuk memotivasi anak. Kata kunci: kemampuan kerja sama, kerja kelompok.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 16 Mar 2015 12:57
Last Modified: 29 Jan 2019 18:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12993

Actions (login required)

View Item View Item