PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG DENGAN MEDIA FILM STRIP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GODEAN

Rizki Nofiana Wijayanti (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DONGENG DENGAN MEDIA FILM STRIP PADA SISWA KELAS VII SMP N 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RIZKI_NOFIANA_07201244034.pdf

Download (60MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan menulis dongeng dengan media Film Strip pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Godean Negeri 2 Godean, Godean, Sleman, Yogyakarta. Subjek siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Godean, Godean, Sleman, Yogyakarta yang berlokasi di Sidomoyo, Godean, Sleman yang berjumlah 36 orang. Penelitian difokuskan pada penerapan media Film Strip dan peningkatan keterampilan menulis dongeng dengan melakukan dua siklus tindakan, masing-masing terbagi menjadi 4 tahapan yaitu perencanaan, implementasi tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Data diperoleh dengan teknik pengamatan, catatan lapangan, wawancara, angket, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya perubahan-perubahan kea rah perbaikan, baik yang terkait dengan guru maupun siswa. Keberhasilan ini dilihat dari dua kriteria keberhasilan yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil sebagai berikut. Pertama, penggunaan media Film Strip dapat meningkatkan keterampilan menulis dongeng siswa di SMP N 2 Godean mendapat tanggapan positif dari guru dan para siswa. Penerapan media Film Strip ini menjadikan pembelajaran menulis dongeng lebih menyenangkan. Hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan keberanian siswa dalam berpendapat dari 52,7 menjadi 80,5%, keberanian siswa dalam bertanya kepada guru dari 52,7% menjadi 72,2%, keberanian siswa menjawab pertanyaan guru dari 58,3% menjadi 77,7%, dan antusiasme mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dari 84,5% menjadi 90%. Kedua, media Film Strip dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis dongeng. Nilai rata-rata menulis dongeng sebelum diberi tindakan yaitu 50, sedangkan pada siklus I diperoleh rata-rata nilai sebesar 62, dan pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh yaitu sebesar 73,8. Selain itu, peningkatan juga terjadi pada tiap aspek penulisan dongeng, sampai dengan siklus II peningkatan yang terjadi meliputi: (1) aspek isi gagasan sebesar 16,6%, (2) aspek penyajian cerita sebesar 33,6%, (3) aspek bahasa sebesar 13,5%, (4) aspek mekanik sebesar 8,3%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:49
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1299

Actions (login required)

View Item View Item