Pengaruh Gaya Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri di Wilayah-Barat Kabupaten Gunungkidul

Sulistyaningsih, Dewi (2014) Pengaruh Gaya Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IX SMP Negeri di Wilayah-Barat Kabupaten Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-sulistyaningsih-12706259017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Tujuan tersebut adalah mengungkapkan: (1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia, (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia, dan (3) pengaruh gaya belajar siswa dan perhatian orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP negeri di wilayah-barat Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, dengan melibatkan dua variabel bebas dan satu variabel terikat. Gaya belajar (X1) dan perhatian orang tua (X2) sebagai variabel bebas, sedangkan prestasi belajar bahasa Indonesia (Y) sebagai variabel terikat. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik proportionate stratified random sampling.Validitas konstruk instrumen angket diuji menggunakan Analisis Faktor dan menghasilkan nilai Kaisar-Meyer-Olkin untuk variabel gaya belajar sebesar 0,511 dan variabel perhatian orang tua sebesar 0,685. Reliabilitas instrumen diuji dengan Alpha Cronbach dengan nilai r sebesar 0,913 untuk variabel perhatian orang tua dan nilai sebesar 0,906 untuk variabel gaya belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan Regresi Sederhana dan Regresi Ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar dan perhatian orang tua secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia ditunjukkan dengan nilai Fhitung = 627,966 sig 0,00 atau p < 0,05 dan Ftabel sebesar 3,022283. Gaya belajar dan perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 78,70% terhadap pencapaian pretasi belajar siswa (R2 = 0,787 dengan sig. p = 0,00 < 0,05). Gaya belajar berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia (t = 23,065, dengan p = 0,00 < 0,05). Kontribusi gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia sebesar 48,8%. Perhatian orang tua juga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia (t = 21,804 dengan p = 0,00 < 0,05). Perhatian orang tua memberikan kontribusi sebesar 45,2% terhadap pencapaian prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IX SMP negeri di wilayah-barat Kabupaten Gunungkidul.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, perhatian orang tua, prestasi belajar bahasa Indonesia
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:13
Last Modified: 23 Nov 2022 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12979

Actions (login required)

View Item View Item