Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris di SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta

Mahulette, Astrid (2014) Analisis Nilai-Nilai Karakter dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris di SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-astrid-mahulette-12706251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB)

Abstract

pengintegrasian nilai-nilai karakter, dan (3) strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalambuku teks pelajaran bahasa Inggris SMP di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Metode yang digunakan untuk mencapai tujuan penelitian ini adalah analisis konten. Data dikumpulkan melalui pembacaan dan pencatatan yang cermat terhadap dokumen tiga buku teks pelajaran bahasa Inggris SMP. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah ketekunan pembacaan dan pencatatan. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas semantis dan reliabilitas intrarater dan interater. Sumber data penelitian ini adalah tiga buku teks pelajaran bahasa Inggris SMP kelas VII, VIII, dan IX, yang meliputi (1) Let’s Talk, (2) English on Sky, dan (3) English in Focus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Nilai-nilai karakter dalam buku teks pelajaran bahasa Inggris SMP kelas VII¸ VIII, dan IX terdiri atas lima kategori nilai karakter, yaitu nilai karakter dalam hubungannya dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, dan bangsa. Lima kategori nilai karakter tersebut tidak tersebar secara merata dalam tiap unit (pelajaran), akan tetapi hal tersebut tidak menjadi persoalan karena ada nilai yang dapat menutupi nilai lainnya yang tidak muncul dalam tiap unit tersebut.(2) Lima kategori nilai karakter terintegrasi ke dalam empat keterampilan berbahasa, yakni keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Namun secara keseluruhan cara pengintegrasiannilai-nilai karakter dalam buku teks terlihat lebih dominan pada komponen keterampilan menyimak, berbicara, dan membaca, sedangkan keterampilan menulis kurang mendominasi. (3) Strategi pengintegrasian lima kategori nilai karakter dalam tiga buku teks pelajaran bahasa Inggris terdiri atas dua bentuk, yakni bentuk tersurat dan bentuk tersirat. Bentuk tersurat lebih dominan daripada bentuk tersirat. Hal ini menyiratkan bahwa penyusun buku teks melihat aspek kognitif, perkembangan jiwa peserta didik dalam menyusun buku teks pelajaran.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter, buku teks pelajaran
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:13
Last Modified: 17 Nov 2022 02:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12978

Actions (login required)

View Item View Item