Pengembangan Tes Pemahaman Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Web bagi Mahasiswa Thailand di Universitas Negeri Yogyakarta

Masae, Aleeyah (2014) Pengembangan Tes Pemahaman Membaca Bahasa Indonesia Berbasis Web bagi Mahasiswa Thailand di Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aleeyah-masae-12706259002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Untuk mengukur kemampuan membaca diperlukan alat pengukuran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen tes hasil belajar pemahaman membaca bahasa Indonesia berbasis web yang dapat digunakan oleh mahasiswa Thailand Tingkat Dasar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Produk penelitian ini berupa tes berbasis web. Validasi isi dilakukan oleh ahli materi dan validasi web dilakukan oleh ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada mahasiswa melalui dua tahap, yaitu uji coba tes dan uji coba kelayakan web. Subjek yang terlibat dalam uji coba adalah 12 mahasiswa Thai yang kuliah di UNY. Uji coba tes berjumlah tiga orang, sedangkan uji coba kelayakan web berjumlah sembilan orang, yang terdiri atas dua orang uji coba skala kecil dan tujuh orang uji coba skala besar. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data dari angket dan data dari uji coba tes. Analisis kelayakan web dari angket menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Untuk analisis butir tes menggunakan teori klasik, yaitu program ITEMAN. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Proses pengembangan UKBIPUTH berbasis web terdiri atas dua tahap, yaitu tahap pengembangan tes dan pengembangan web. Tahap pengembangan tes diawali dengan penyusunan kisi-kisi, menyusun butir-butir soal dan ditelaah butir tes oleh ahli serta merevisi, uji coba tes, dan analisis butir tes. Selanjutnya tahap pengembangan web diawali dengan mendesain flowchart dan storyboard serta pembuatan produk, kemudian produk divalidasi oleh ahli media, uji coba skala kecil, dan uji coba skala besar; (2) Karakteristik tes pilihan ganda, tes benar/salah, dan tes menjodohkan memiliki validitas isi tes baik dan koefisien reliabilitas tes masing-masing sebesar 0.748, 0.762, dan 0.772 dengan kategori tinggi. Analisis butir tes berdasarkan tingkat kesukaran butir tes baik dan efektivitas pengecoh butir tes baik karena semua pengecoh berfungsi; (3) Hasil penilaian dari aspek tampilan web dengan skor 3,80 berkategori baik; (4) Hasil penilaian dari aspek sistem web dengan skor 4,10 berkategori baik. Alat tes UKBIPUTH berbasis web keterampilan pemahaman membaca yang dihasilkan layak digunakan oleh mahasiswa Thailand tingkat dasar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: tes berbasis web, tes bahasa Indonesia bagi penutur Thailand
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:13
Last Modified: 17 Nov 2022 03:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12977

Actions (login required)

View Item View Item