Model Permainan untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak TK Kelompok B.

Iragraha, S.M Fernanda (2014) Model Permainan untuk Pengembangan Sosial Emosional Anak TK Kelompok B. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-s-m-fernanda-iragraha-12711251056.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan model permainan untuk pengembangan sosial emosional anak TK kelompok B yang layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk mentransfer ketiga domain belajar (kognitif, afektif, dan psikomotor) seraya anak bermain. Penelitian dan pengembangan yang digunakan model Gall & Borg, langkah-langkah penelitiannya: (1) menilai kebutuhan untuk mengidentifikasi tujuan; (2) melakukan analisis instruksional; (3) menganalisis peserta didik dan bahan materi; (4) menulis tujuan kinerja; (5) mengembangkan instrumen penilaian; (6) mengembangkan strategi instruksional; (7) mengembangkan dan memilih bahan instruksional; (8) merancang dan melakukan evaluasi formatif pembelajaran; dan (9) merevisi instruksi. Uji coba lapangan skala kecil dilakukan di TK Kartini PKK Karanggayam Yogyakarta melibatkan 15 orang anak TK kelompok B. Uji coba lapangan skala besar dilakukan di TK Harapan Yogyakarta melibatkan 20 orang anak TK kelompok B dan di TK Sari Asih II Yogyakarta melibatkan 17 orang anak TK kelompok B. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara, catatan lapangan, angket skala nilai validasi, pedoman pengamatan/observasi model permainan, pedoman pengamatan/observasi keefektifan permainan, dan pedoman observasi respons anak. Hasil penelitian berupa model permainan untuk pengembangan sosial emosional anak TK kelompok B yang terdiri atas enam aktivitas permainan yaitu: (1) permainan ular ceria; (2) permainan balok gembira; (3) permainan aku dan kamu; (4) permainan pancing botol; (5) permainan bola keranjang; dan (6) permainan bola pintar. Spesifikasi produk penelitian ini berupa buku dan panduan video (DVD) yang digunakan guru sebagai acuan untuk mengajar pengembangan sosial emosional pada anak TK kelompok B. Buku panduan ini berjudul “Permainan untuk Pengembangan Sosial Emosional”. Berdasarkan penilaian ahli materi dan praktisi dapat disimpulkan bahwa model permainan untuk pengembangan sosial emosional sesuai dengan kurikulum, karakteristik, serta efektif dan layak digunakan sebagai media pembelajaran pengembangan sosial emosional pada anak TK kelompok B.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, permainan, pengembangan, sosial emosional
Subjects: Olahraga
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Mar 2015 00:12
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item