Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah pada Siswa SMP

Puti, Siska (2015) Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Guided Inquiry untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah pada Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-siska-puti-12708251006.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kelayakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry dalam pembelajaran IPA di SMP,2) peningkatan keterampilan proses peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry, serta 3) peningkatan sikap ilmiah peserta didik setelah menggunakan modul pembelajaran IPA berbasis guided inquiry. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D (define, design, develop, dan disseminate) yang dikemukakan oleh Thiagarajan. Penelitian dilakukan di SMP N 3 Kalasan dengan subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP N 3 Kalasan kelas VII. Pengumpulan data dilakukan menggunakan pedoman wawancara, angket, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) modul pembelajaran IPA berbasis guided inqury yang dikembangkan berdasarkan hasil validasi secara keseluruhan memiliki kualitas yang sangat baik, 2)pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan keterampilan proses peserta didik, dan3) pembelajaran menggunakan modul hasil pengembangan dapat meningkatkan sikap ilmiah peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: modul, quided inquiry, keterampilan proses, sikap ilmiah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12971

Actions (login required)

View Item View Item