PENINGKAT AN KET ERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SUGEST IF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARIKAT UR PADA SISWA KELAS XI A1 SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Rifa atus Sa adah (2012) PENINGKAT AN KET ERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SUGEST IF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARIKAT UR PADA SISWA KELAS XI A1 SMK MUHAMMADIYAH 2 MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Rifa'atus_Sa'adah_(06201241005)_PBSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi sugestif dengan menggunakan media karikatur pada siswa kelas XI A1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman Yogyakarta. Media karikatur pada umumnya bukan sekadar gambaran nyata, melainkan gambaran yang merefleksikan kondisi asosiasif sehingga memunculkan gambar yang besifat sugestif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI A1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman Yogyakarta yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2011/2012, mulai bulan April 2011 sampai dengan bulan Mei 2011. Keterampilan menulis deskripsi sugestif diukur berdasarkan persentase ketercapaian aspek menulis deskripsi sugestif. Prosedur implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Implementasi tindakan pada siklus II, lebih menekankan pada aspek-aspek yang peningkatannya belum optimal di siklus I. Teknik pengumpulan data yaitu pengamatan, angket, tes, wawancara, catatan lapangan, dan alat rekaman gambar kegiatan pembelajaran yang berupa foto. Analisis dilakukan dengan teknik deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan adalah dengan peningkatan nilai menulis deskripsi sugestif siswa dengan menggunakan media karikatur. Keberhasilan diukur berdasarkan skor ketercapaian aspek menulis deskripsi sugestif sebesar 70. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu persentase ketercapaian aspek-aspek yang perlu diperhatiakan dalam menulis deskripsi sugestif pada setiap siklus. Hal ini berdasarkan hasil tes siswa dari prasiklus dengan skor rata-rata sebesar 52,78, siklus I dengan skor rata-rata sebesar 64,91 dan pada akhir siklus II skor rata-rata sebesar 75,78. Peningkatan jumlah skor keterampilan menulis deskripsi sugestif siswa dari prasiklus menuju siklus I sebesar 12,13 dan peningkatan jumlah skor dari siklus I menuju siklus II sebesar 10,87. Dilihat dari skor kualitatatif frekuensi nilai siswa setiap siklus mengalami peningkatan yang cukup baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media karikatur dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi sugestif siswa kelas XI A1 SMK Muhammadiyah 2 Moyudan Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:50
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item