Keberfungsian Butir Diferensial pada Perangkat Ulangan Kenaikan Kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di Kabupaten Sleman

Winarno, Sugeng (2014) Keberfungsian Butir Diferensial pada Perangkat Ulangan Kenaikan Kelas Sekolah Menengah Pertama (SMP) Mata Pelajaran Matematika Kelas VIII di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis_sugeng winarno_06701251009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) karakteristik perangkat tes ditinjau dari Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir, dan 2) butir-butir perangkat tes yang memuat keberfungsian butir diferensial pada perangkat Ulangan Kenaikan Kelas VIII mata pelajaran matematika SMP di Kabupaten Sleman. Sasaran penelitian ini adalah perangkat Ulangan Kenaikan Kelas VIII mata pelajaran matematika tahun pelajaran 2011/2012 SMP di Kabupaten Sleman. Pada penelitian ini dipilih respons jawaban siswa dari 11 SMP negeri yang tersebar di Kabupaten Sleman. Pemilihan sampel menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Untuk mendeteksi DIF perangkat tes berdasarkan kelompok jenis kelamin siswa digunakan Metode Mantel-Haenszel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan Teori Tes Klasik, informasi indeks keandalan tes sebesar 0,858 dengan indeks kesalahan baku pengukuran (SEM) 2,577, yang berarti tes andal dalam melakukan fungsi ukurnya. Sebanyak 23 butir soal (57,5%) mempunyai tingkat kesukaran yang baik, 40 butir soal (100%) mempunyai daya beda yang baik, dan 39 butir soal (97,5%) memiliki pengecoh yang baik. Berdasarkan pendekatan Teori Respons Butir Model Logistik 3 Parameter diperoleh sebanyak 40 butir soal (100%) mempunyai daya beda yang baik, sebanyak 37 butir soal (92,5%) mempunyai tingkat kesukaran yang baik, sebanyak 21 butir soal (52,5%) mempunyai peluang tebakan semu yang baik, serta sebanyak 39 butir soal (97,5%) cocok dengan Model Logistik 3 Parameter. Ditinjau dari keberfungsian butir diferensial, dari 40 butir soal terdapat tiga butir yang mengandung DIF, yaitu butir nomor 9, 15 dan 35

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teori Tes Klasik, Teori Respons Butir, DIF, Metode Mantel-Haenszel
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 11 Jul 2022 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12957

Actions (login required)

View Item View Item