Pengembangan Perangkat Tes Try Out UN SMP Bidang Studi Matematika dalam Rangka Pembentukan Bank Soal

Arifa, Fieka Nurul (2014) Pengembangan Perangkat Tes Try Out UN SMP Bidang Studi Matematika dalam Rangka Pembentukan Bank Soal. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fieka-nurul-arifa-12701251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan butir soal, mengetahui karakteristik dan melakukan penyetaraan butir soal pada perangkat soal Try Out UN SMP Bidang Studi Matematika yang memenuhi syarat untuk pembentukan bank soal. Model pengembangan yang digunakan adalah model prosedural. Sampel sebanyak 1140 respons peserta didik diperoleh melalui stratified propotional random sampling. Perangkat tes yang diujikan meliputi empat paket soal yang setiap paketnya berisi 40 butir soal dengan 8 butir anchor. Perangkat tes paket 1 dikerjakan oleh 286 peserta didik, paket 2 oleh 282 peserta didik, paket 3 oleh 285 peserta didik dan paket 4 oleh 287 peserta didik. Analisis butir soal dilakukan melalui analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Analisis kualitatif didasarkan pada kesesuaian butir soal dengan lembar telaah berdasarkan kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Analisis kuantitatif dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan Teori Respons Butir dengan bantuan program BILOG-MG 3.0. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa rerata tingkat kesukaran soal P1 adalah adalah 0,234, P2 adalah 0,242, P3 adalah 0,305, dan P4 adalah 0,302. Rerata daya beda soal P1 adalah 1,462, P2 adalah 1,476, P3 adalah 1,543, dan P4 adalah 1,551. Rerata pseudo guessing soal P1 adalah 0,201, P2 adalah 0,210, P3 adalah 0,207, dan P4 adalah 0,206. Nilai fungsi informasi tertinggi P1 berada pada θ = 0,6 yaitu 32,404 dengan SE sebesar 0,176, P2 berada pada θ = 0,3 yaitu 31,725 dengan SE sebesar 0,178, P3 berada pada θ = 0,3 yaitu 33,291 dengan SE sebesar 0,173, dan P4 berada pada θ = 0,3 yaitu 36,186 dengan SE sebesar 0,166. Hasil penelitian diperoleh 107 butir soal yang memiliki karakteristik baik, yakni terdiri dari 26 butir soal P1, 25 butir soal P2, 24 butir soal P3, 24 butir soal P4, dan 8 butir soal anchor.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 28 Jun 2022 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12955

Actions (login required)

View Item View Item