Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Materi Bangun Datar

Khoriyah, Vivi Nur (2015) Pengaruh Pendekatan Open-Ended terhadap Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kepercayaan Diri Siswa SMP Materi Bangun Datar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-vivi-nur-koriyah-12709251041.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pengaruh pendekatan pembelajaran open-ended; 2) pengaruh sekolah terhadap prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa SMP; 3) interaksi jenis pendekatan open-ended dan sekolah terhadap prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN di Kecamatan Kebumen, terdiri dari tujuh sekolah yang dikelompokkan menjadi dua kelompok, yaitu sekolah standar nasional (SSN) dan sekolah potensial. Setiap kelompok dipilih satu sekolah secara acak. Setiap sekolah dipilih secara acak dua kelas (VIID dan VIIE, SMPN 2; VIIC dan VIIE, SMPN 7). Kelas VIIE baik SMPN 2 maupun SMPN 7 sebagai kelas eksperimen sedangkan kelas VIID SMPN 2 dan VIIC SMPN 7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis berupa tes uraian dan angket untuk kepercayaan diri. Data gain score dianalisis dengan uji Manova dua faktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan pengaruh pendekatan open-ended terhadap prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa SMPN di Kecamatan Kebumen; 2) tidak terdapat perbedaan pengaruh sekolah terhadap prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa; 3) tidak terdapat pengaruh interaksi jenis pendekatan open-ended dan sekolah terhadap prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan kepercayaan diri siswa,

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: open-ended, prestasi belajar, kemampuan berfikir kritis, kepercayaan diri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12954

Actions (login required)

View Item View Item