Keefektifan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Sikap Terhadap Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP

Atini, Noor laila (2015) Keefektifan Cooperative Learning Tipe Course Review Horay (CRH) dan Tipe Numbered Heads Together (NHT) Ditinjau dari Sikap Terhadap Matematika dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan cooperative learning tipe Course Review Horay (CRH) dan tipe Numbered Heads Together (NHT) yang ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; menyelidiki pembelajaran yang lebih efektif diantara model cooperative learning tipe CRH dan model cooperative learning tipe NHT ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Negeri SMP 12 Yogyakarta yang terdiri dari 5 kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara random dua kelas yaitu kelas VIIA dan VIIB sebagai sampel penelitian. Kelas VIIA belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan kelas VIIB belajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes yaitu tes prestasi belajar matematika dan instrumen nontes yaitu angket sikap siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT digunakan analisis one sample t-test. Selanjutnya untuk membandingkan keefektifan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling, dan independent t-test untuk menentukan model pembelajaran manakah yang lebih efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe CRH dan model pembelajaran kooperatif tipe NHT efektif ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika; 2) model pembelajaran kooperatif tipe CRH lebih efektif dibanding model pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari sikap siswa terhadap matematika dan prestasi belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kooperatif, CRH, NHT, sikap siswa terhadap matematika, prestasi belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12951

Actions (login required)

View Item View Item