Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Konstruktivistik Berbantuan Media Pembelajaran di Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo Kulon Progo

Yusri, Yusri (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Konstruktivistik Berbantuan Media Pembelajaran di Kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-yusri-12705259007

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui penerapan model pembelajaran konstruktivistik berbantuan media pada siswa kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo, Kecamatan Sentolo, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain Kemmis & Taggart, yang terdiri atas empat tahap yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2013/2014, berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan penelitian terlaksana sebanyak dua siklus. Siklus I model pembelajaran konstruktivistik dibantu dengan media gambar dan power point, siklus II model konstruktivistik dibantu dengan media video. Peneliti bertindak sebagai observer dan kolaborator yaitu guru IPS yang mengajar di kelas tersebut sebagai pelaksana tindakan. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi untuk mengumpulkan data aktivitas siswa dan kinerja guru selama proses pembelajaran; tes untuk mengukur hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan model konstruktivistik berbantuan media; dokumentasi untuk mengumpulkan data yang diperoleh dan digunakan selama tindakan; dan catatan lapangan untuk merekam data hasil tindakan serta kejadian-kejadian di luar perencanaan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk menghitung nilai rata-rata hasil belajar, selanjutnya nilai rata-rata tersebut dibandingkan antara siklus I dengan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa adalah 59,41 (ketuntasan 0%), dengan tindakan siklus I nilai rata-rata meningkat menjadi 70,31 (ketuntasan 62,50%), pada siklus II meningkat lagi menjadi 82,66 (ketuntasan 93,75%). Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivistik berbantuan media dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas VIII-D SMP Negeri 1 Sentolo Kulon Progo

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model konstruktivistik, media pembelajarn, hasil belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 30 Mar 2016 03:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12950

Actions (login required)

View Item View Item