PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA KARTUN BENNY & MICE PADA SISWA KELAS XB SMAN 1 PIYUNGAN, BANTUL

Reni Siswanti (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DENGAN MEDIA KARTUN BENNY & MICE PADA SISWA KELAS XB SMAN 1 PIYUNGAN, BANTUL. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RENI_SISWANTI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan media kartun Benny & Mice pada Siswa Kelas XB SMAN 1 Piyungan, Bantul. Penggunaan media kartun Benny & Mice ini merupakan salah satu upaya dalam memecahkan masalah yang selama ini dialami dalam pembelajaran menulis narasi di SMAN 1 Piyungan, Bantul, yaitu rendahnya keterampilan menulis narasi siswa dan tidak adanya media yang digunakan dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XB SMAN 1 Piyungan, Bantul, yang berjumlah 36 siswa. Sementara itu, objek penelitian dalam penelitian ini adalah keterampilan siswa dalam menulis narasi. Data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, angket, dan tes. Selanjutnya, data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Keabsahan data diperoleh melalui validitas demokratik, validitas proses, dan validitas hasil. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa: (1) proses pembelajaran menulis narasi dengan menggunakan media kartun Benny & Mice pada siswa XB SMAN 1 Piyungan, Bantul mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik, yaitu perhatian terhadap pembelajaran, semangat belajar, keaktifan berdiskusi, keaktifan mengerjakan tugas, keaktifan menyunting tulisan, dan ketepatan waktu mengumpulkan tugas. Peningkatan proses pembelajaran terjadi secara bertahap dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Peningkatan proses yang paling dominan terjadi pada aspek perhatian terhadap pembelajaran dan keaktifan menyunting tulisan karena siswa senang dengan penggunaan media kartun dalam pembelajaran, (2) penggunaan media kartun Benny & Mice dalam pembelajaran menulis narasi di kelas XB SMAN 1 Piyungan, Bantul dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis narasi. Pada prasiklus ketuntasan siswa dalam menulis narasi hanya 15,6% dari seluruh siswa, selanjutnya pada siklus I ketuntasan meningkat menjadi 78,10%, dan pada siklus II ketuntasan kembali meningkat mernjadi 85,20%. Dengan demikian, penggunaan media kartun Benny & Mice dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas XB SMAN 1 Piyungan, Bantul. Peningkatan keterampilan siswa ini terjadi pada aspek kreativitas pengembangan tulisan, kelengkapan informasi, urutan peristiwa, struktur alur, pemilihan kata, penulisan kalimat, dan penulisan ejaan. Aspek peningkatan hasil yang paling dominan terjadi adalah kelengkapan informasi, urutan peristiwa, dan struktur alur. Peningkatan ini terjadi karena dalam kartun Benny & Mice terdapat unsur yang mendukung unsur-unsur dalam tulisan narasi seperti kronologi peristiwa, tokoh, alur, setting, dan sudut pandang. Kata kunci: menulis narasi, media kartun Benny & Mice.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Virga FBS
Date Deposited: 29 Jun 2012 06:52
Last Modified: 01 Feb 2019 01:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/1295

Actions (login required)

View Item View Item