Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan PBL Berbantuan Media Powerpoint Pada Siswa SMP Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen

Muzaini, Muzaini (2014) Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan PBL Berbantuan Media Powerpoint Pada Siswa SMP Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muzaini-12705259009.swf

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: aktivitas pembelajaran IPS melalui penerapan problem based learning (PBL) berbantuan media powerpoint, dan hasil belajar IPS siswa SMP Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIIC SMP Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen. Peneliti bertindak sebagai perencana pembelajaran sekaligus sebagai observer. Sebagai kolaborator dalam penelitian ini sekaligus sebagai pelaksana tindakan adalah dua orang guru IPS yang mengajar di kelas tersebut. Jenis tindakan yang diterapkan adalah pembelajaran dengan pendekatan problem based learning berbantuan media powerpoint. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data awal berkaitan dengan proses pembelajarann dan hasil belajar sebelum dilakukan tindakan. Teknik observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Teknik wawancara digunakan sebagai cross check terhadap hasil pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran. Tes digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan PBL berbantuan media powerpoint. Data dianalisis dengan statistik deskriptif. Analisis ini untuk menjelaskan perkembangan proses pembelajaran dan hasil belajar sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran dengan PBL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan menerapkan PBL berbantuan media powerpoint: 1) terjadi peningkatan aktivitas pembelajaran sebesar 57% pada siklus I, dan 5% pada siklus II; 2) terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 57,58% pada siklus I, dan 6,06% pada siklus II; 3) terjadi peningkatan ketuntasan belajar sebesar 36,37% pada siklus I, dan 12,12% pada siklus II; dan 4) peningkatan sikap dan keterampilan kerja sama kelompok sebesar 24,24% pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Teams Games Tournaments, Ilmu Pengetahuan Sosial, media, hasil belajar, sikap
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 14 Apr 2016 07:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12947

Actions (login required)

View Item View Item