Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Paliyan Gunungkidul

Sidi, Jatmiko (2014) Penggunaan Media Audiovisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di SMP Negeri 1 Paliyan Gunungkidul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-jatmiko-sidi-12705259018.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas 7C SMP Negeri 1 Paliyan Gunungkidul melalui penggunaan media audio- visual. Media audiovisual yang digunakan dalam bentuk film, video dalam internet dan video animasi bersuara. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang terlaksana dalam tiga siklus. Jenis tindakan yang diterapkan adalah pembelajaran IPS dengan menggunakan media audiovisual. Subjek dalam peneli- tian ini adalah siswa kelas 7C SMP Negeri 1 Paliyan Gunungkidul tahun pelajaran 2013/2014. Kolaborator dalam penelitian ini adalah guru IPS yang mengajar di sekolah tersebut, sekaligus bertindak sebagai observer dan peneliti bertindak sebagai pelaksana tindakan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas lembar observasi untuk merekam tindakan guru, respon siswa dan kejadian- kejadian dalam proses pembelajaran. Tes untuk mengukur hasil belajar siswa yaitu dengan tes objektif dan tes uraian serta penugasan. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dalam bentuk interpretasi tabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ”penggunaan media audiovisual dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa”. Skor pretest siswa sebelum tindakan yaitu rata-rata 44,22 tidak ada siswa yang mencapai ketuntasan minimal. Perolehan rata-rata hasil belajar siswa aspek kognitif pada siklus I sebesar 63,28 dengan pencapaian ketuntasan belajar 43,75%; skor postest siklus II rata-rata 69,38 dengan pencapaian ketuntasan belajar 68,75%; skor postest siklus III rata-rata 71,25 dengan pencapaian ketuntasan belajar 78,13%. Peningkatan hasil belajar aspek kognitif tersebut, diikuti dengan peningkatan hasil belajar aspek afektif kategori Sangat Baik rata-rata skor 3,35 dengan pencapaian ketuntasan belajar 83,69%; aspek psikomotor kategori Baik rata-rata skor 3,23 dengan pencapaian ketuntasan belajar 80,76%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media audiovisual, hasil belajar, ketuntasan belajar siswa
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 06 Apr 2016 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12945

Actions (login required)

View Item View Item