Keefektifan Model PAUD Inklusi pada Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar.

Dhamayanti, Yuni (2014) Keefektifan Model PAUD Inklusi pada Kesiapan Anak Memasuki Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-yuni-dhamayanti.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model PAUD penyelenggara pendidikan inklusif dengan kurikulum yang ramah anak dan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada anak, pada tingkat kesiapan anak dalam memasuki sekolah dasar (SD). Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif, dan dilakukan di Labschool Rumah Citta yang merupakan PAUD penyelenggara pendidikan inklusif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, analisis dokumen koesioner, wawancara, dan analisis dokumen yang meliputi: database sekolah (kurikulum, RPP, laporan perkembangan anak /raport), dokumen konvensi hak anak, UU Perlindungan Anak, dokumen pendidikan inklusif, dan data riset tentang school readiness. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Labschool Rumah Citta adalah PAUD dengan model pendidikan inklusif yang mengkoordinasikan dan mengintegrasikan layanan PAUD reguler dengan layanan ABK dalam program yang sama. (2) Kurikulum Labschool Rumah Citta merupakan kurikulum yang disusun secara mandiri berdasarkan tahapan perkembangan anak, mengacu pada aspek-aspek perkembangan anak (fisik motorik, sosial emosi, bahasa, dan kognisi), serta memiliki beberapa kekhasan: inklusif, berpusat pada anak, mengembangkan kecerdasan jamak, pendidikan nilai, ramah lingkungan hidup, menghormati kearifan lokal, mandiri, dan keadilan gender. (3) Labschool Rumah Citta menggunakan pendekatan pembelajaran yang berorientasi dan berpusat pada anak/siswa (student-centered approach), serta menerapkan metoda pembelajaran yang mendorong kesiapan anak untuk memasuki SD, yang meliputi: main peran, praktek langsung, diskusi, kerja sama, pemecahan masalah, ataupun kunjungan. (4) Kurikulum inklusi, yang ramah terhadap semua anak dan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini, efektif untuk mendorong kesiapan anak dalam memasuki SD. Hal itu dapat dibuktikan dengan data yang menunjukkan bahwa tingkat kesiapan murid kelas akhir Labschool Rumah Citta untuk memasuki SD pada aspek-aspek perkembangannya (fisik motorik, bahasa, sosial emosi, dan kognisi) adalah sebesar 79,13%, di mana kesiapan anak kelas TK Besar sebesar 73% dan kesiapan anak kelas Persiapan SD sebesar 80,5%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12944

Actions (login required)

View Item View Item