Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1

Budiman, Agus (2014) Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus-budiman-12709259021.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen asesmen matematika berupa soal tes HOTS yang valid dan reliabel, dan (2) mendeskripsikan kualitas soal tes HOTS untuk mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi pada peserta didik SMP kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall, yang meliputi langkah-langkah sebagai berikut. (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba terbatas, (5) revisi produk awal, (6) uji coba lapangan, dan (7) revisi produk akhir. Penelitian dan pengumpulan informasi dilakukan untuk telaah konsep berdasarkan kajian teori yang relevan. Validasi instrumen asesmen dilakukan untuk mengevaluasi kevalidan instrumen asesmen yang berupa butir soal tes HOTS. Validasi dilakukan pada tahap pengembangan produk awal oleh tiga ahli pendidikan matematika. Uji coba empiris butir soal tes HOTS dilakukan dengan menggunakan uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Uji coba terbatas dilakukan pada 31 peserta didik SMP Negeri 2 Banjarnegara. Uji coba lapangan dilakukan pada 178 peserta didik yang berasal dari SMP Negeri 1 Banjarnegara, SMP Negeri 2 Banjarnegara, dan SMP Negeri 2 Mandiraja. Analisis data uji coba menggunakan parameter teori tes klasik untuk mengetahui kualitas soal tes HOTS secara empiris. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen asesmen HOTS berupa soal tes HOTS yang terdiri dari 24 butir soal pilihan ganda dan 19 butir soal uraian. Soal tes HOTS ini dihasilkan melalui rangkaian prosedur penelitian dan pengembangan. Hasil penilaian ahli pada aspek materi, konstruksi, dan bahasa pada soal test HOTS menunjukkan bahwa instrumen asesmen tersebut valid dan layak digunakan. Instrumen tersebut juga telah memenuhi kriteria reliabel dengan koefisien reliabilitas soal pilihan ganda sebesar 0,713 dan soal uraian sebesar 0,920. (2) Kualitas butir soal tes HOTS ditunjukkan dari hasil analisis butir soal. Soal pilihan ganda memiliki tingkat kesukaran 0,406 atau dalam kategori sedang, daya pembeda soal 0,330 atau dalam kategori baik, dan pengecoh berfungsi baik. Sedangkan soal uraian memiliki tingkat kesukaran 0,373 atau dalam kategori sedang dengan daya pembeda soal 0,508 atau dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, instrumen asesmen, Higher Order Thinking Skills (HOTS), matematika SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12942

Actions (login required)

View Item View Item