Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII

Nurlita, Maya (2014) Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maya-nurlita-12709251051.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) pada mata pelajaran matematika SMP kelas VIII yang valid dan memiliki karakteristik yang baik, dilakukan di kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang ditetapkan oleh McIntire & Miller. Langkah-langkah pengembangan dalam penelitian ini meliputi studi pendahuluan (survei awal, analisis materi, analisis siswa), perancangan produk dan pengembangan produk (validasi ahli/praktisi, uji coba keterbacaan produk, uji coba lapangan). Uji coba lapangan dilakukan di tiga sekolah SMP Negeri di kota Baubau yaitu SMP Negeri 1 Baubau, SMP Negeri 2 Baubau, dan SMP Negeri 4 Baubau. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi dan instrumen tes berupa soal terbuka (open-ended problem). Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala empat untuk memperoleh kevalidan, dan telaah butir soal secara kuantitatif melalui teori tes klasik (Classical Test Theory). Penelitian ini menghasilkan soal terbuka (open-ended problem) yang meliputi kisi-kisi soal, 28 butir soal uraian (essay), dan pedoman penskoran. Hasil validasi menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memiliki kategori valid. Soal terbuka yang dikembangkan juga memiliki karakteristik yang baik ditinjau dari tingkat kesulitan soal dan daya pembeda soal, keduanya berturut-turut berada pada kategori sedang dan soal diterima dengan baik. Hasil estimasi reliabilitas sebesar 0,72 dengan standar kesalahan pengukuran atau SEM sebesar 2,376. Berdasarkan hasil uji lapangan, kemampuan berpikir kreatif siswa hanya berada pada kemampuan kelancaran dan keterincian, sedangkan prestasi belajar matematika siswa mencapai kategori positif. Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa soal terbuka (open-ended problem) yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan soal terbuka, Open-ended problem
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

View Item View Item