Keefektifan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellektual (SAVI) dalam Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif, Sikap Matematika, dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMK Teknik

Jaflean, Maria Sofia (2015) Keefektifan Pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellektual (SAVI) dalam Pembelajaran Geometri Dimensi Tiga Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif, Sikap Matematika, dan Hasil Belajar Psikomotor Siswa Kelas XI SMK Teknik. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-maria-sofia-jaflean-12709259025.swf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan SAVI terhadap hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa kelas XI SMK Teknik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas XI SMK Siwa Lima St.Yosep Langgur yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, kelas XI TKRA dan XI TKRB dipilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya, kedua kelas yang terpilih diambil secara acak untuk memilih kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas XI TKRB sebagai kelas eksperimen, diberikan pembelajaran dengan pendekatan SAVI dan kelas XI TKRA sebagai kelas kontrol, diberikan pembelajaran dengan pendekatan direct instruction. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes hasil belajar kognitif, angket sikap matematika siswa, dan soal tes hasil belajar psikomotor. Untuk melihat keefektifan pendekatan SAVI terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat (MANOVA) dan Analisis Varians Univariat (ANOVA). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa pendekatan SAVI efektif terhadap hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa kelas XI SMK Siwa Lima St.Yosep Langgur. Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan SAVI lebih baik dari siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan direct instruction.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan SAVI, hasil belajar kognitif, sikap matematika, dan hasil belajar psikomotor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12937

Actions (login required)

View Item View Item