PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS BERDASARKAN ISO 9126 APLIKASI PENDETEKSI GAYA BELAJAR MODEL VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERBASIS WEB

Asli Khatul, Khasanah (2015) PENGEMBANGAN DAN ANALISIS KUALITAS BERDASARKAN ISO 9126 APLIKASI PENDETEKSI GAYA BELAJAR MODEL VAK (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK) BERBASIS WEB. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
3. 10520241034-Skripsi Full.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat manfaat aplikasi pendeteksi gaya belajar model VAK berbasis web dan mengetahui kualitas aplikasi sesuai standar ISO 9126. Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D) dan model pengembangan Waterfall. Pengujian functionality menggunakan checklist yang dilakukan oleh 3 web developer, pengujian usability dilakukan menggunakan kuesioner SUPR-Q pada pengguna yaitu siswa. Pengujian reliabiliity menggunakan webserver stress tools, efficiency menggunakan YSlow, maintainability diuji saat sistem mengalami error, dan portability diuji dengan menjalankan aplikasi pada lima web browser. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Pengembangan aplikasi pendeteksi gaya belajar model VAK berbasis web bermanfaat bagi pengguna dengan kategori “Sangat Baik”. Hasil pengujian tingkat manfaat ini didukung oleh penelitian usability sebesar 80,93 %; 2) Kualitas functionality baik karena 100% fungsi yang dibutuhkan sudah berfungsi. Hasil uji reliability menunjukkan bahwa persentase keberhasilan adalah sebesar 100%. Hasil uji usability menyatakan rata – rata 80,93 % pengguna dapat dengan mudah menggunakan sistem dan masuk dalam kategori “Sangat Baik”. Pada sisi efisiensi, dapat disimpulkan bahwa rata - rata halaman memiliki score 93,72, grade A, dan response time sebesar 1,776 detik. Pengembangan aplikasi menggunakan pendekatan Model-View-Controller sehingga perbaikan dan pengembangan (maintainability) menjadi mudah. Kelayakan aplikasi dari aspek portability sudah baik karena aplikasi dapat berjalan pada browser yang berbeda tanpa ditemui eror. Kata kunci: kualitas perangkat lunak, gaya belajar, aplikasi web, ISO 9126.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: pend elektronika ft
Date Deposited: 12 Mar 2015 02:19
Last Modified: 29 Jan 2019 18:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12934

Actions (login required)

View Item View Item