Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Negeri 2 Panjalu Ciamis

Riyanto, Henri (2014) Pengaruh Pembelajaran Inquiry dan Problem Solving terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung di SMP Negeri 2 Panjalu Ciamis. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-henri-rianto-12709259012.swf

Download (1MB)

Abstract

pembelajaran inquiry dan problem solving terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika serta pengaruh yang lebih baik antara pendekatan pembelajaran inquiry dan problem solving terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik di SMP Negeri 2 Panjalu Ciamis Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan nonrandomized control group, pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Panjalu Ciamis pada semester genap Tahun pelajaran 2013/2014. Sampel dipilih sebanyak dua kelas dengan menggunakan teknik cluster random sampling, yaitu kelas IXC dan IXD. Kelas IXD diberi perlakuan menggunakan pendekaran inquiry, dan kelas IXC diberi perlakuan menggunakan pendekatan problem solving. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik nontes digunakan untuk mengetahui motivasi belajar matematika peserta didik. Teknik tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA), kemudian dilanjutkan dengan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) pendekatan pembelajaran inquiry dan problem solving tidak efektif untuk meningkatkan prestasi belajar matematika peserta didik, 2) pendekatan pembelajaran inquiry dan problem solving tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar matematika peserta didik, 3) tidak terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran inquiry dan pendekatan pembelajaran problem solving terhadap motivasi dan prestasi belajar matematika peserta didik pada materi bangun ruang sisi lengkung di SMP Negeri 2 Panjalu Ciamis.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pendekatan inquiry, pendekatan problem solving, motivasi belajar, dan prestasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12932

Actions (login required)

View Item View Item