Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Alat Peraga Manipulatif Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Apresiasi terhadap Matematika di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta

Sasongko, Hanan windro (2014) Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Alat Peraga Manipulatif Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Apresiasi terhadap Matematika di SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hanan-windro-sasongko-11709251014.swf

Download (56MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) keefektifan pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) menggunakan alat peraga manipulatif ditinjau dari prestasi belajar dan apresiasi peserta didik terhadap matematika; (2) keefektifan pembelajaran dengan metode ceramah menggunakan alat peraga secara klasikal ditinjau dari prestasi belajar dan apresiasi peserta didik terhadap matematika; (3) perbedaan antara kedua metode pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar dan apresiasi terhadap matematika; (4) metode pembelajaran yang lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika; dan (5) metode pembelajaran yang lebih efektif ditinjau dari apresiasi terhadap matematika peserta didik SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta. Penelitian eksperimen semu ini menggunakan pendekatan kuantitatif (pretest-posttest with nonequivalent groups design) dengan dua perlakuan yaitu untuk kelompok eksperimen berupa pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan alat peraga manipulatif dan kelompok kontrol berupa pembelajaran dengan metode ceramah menggunakan alat peraga secara klasikal. Tempat penelitian adalah SMP Muhammadiyah 4 Yogyakarta dengan populasi mencakup seluruh peserta didik kelas VIII tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII B (kelompok eksperimen) dan kelas VIII C (kelompok kontrol), yang ditentukan dengan undian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (pretest-posttest) untuk mengukur prestasi belajar dan angket untuk mengetahui tingkat apresiasi terhadap matematika. Expert judgement digunakan untuk memperoleh bukti validitas isi. Angket dianalisis dengan analisis faktor. Koefisien reliabilitas instrumen tes 0,863, sedangkan angket 0,890. Untuk mengetahui keefektifan perlakuan, data masing-masing variabel terikat dianalisis dengan uji t pihak kanan untuk satu sampel pada taraf signifikansi 5%. Untuk membandingkan keefektifan, data dianalisis dengan MANOVA (Hotelling T2) dan diuji lanjut dengan uji t dua pihak untuk dua sampel independen pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan alat peraga manipulatif efektif, baik jika ditinjau dari prestasi belajar maupun apresiasi peserta didik terhadap matematika; (2) pembelajaran dengan metode ceramah menggunakan alat peraga secara klasikal efektif ditinjau dari prestasi belajar, tetapi tidak efektif jika ditinjau dari apresiasi peserta didik terhadap matematika; (3) terdapat perbedaan antara kedua metode pembelajaran ditinjau dari prestasi belajar dan apresiasi terhadap matematika; (4) pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan alat peraga manipulatif lebih efektif jika ditinjau dari prestasi belajar matematika; dan (5) pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan alat peraga manipulatif lebih efektif jika ditinjau dari apresiasi terhadap matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperative, group investigation, prestasi belajar matematika, apresiasiterhadap matematika, alat peraga manipulatif
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12931

Actions (login required)

View Item View Item