Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Di Kecamatan Utan Sumbawa

Virgianti, Erni Gustien (2014) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Matematika Siswa SMP Di Kecamatan Utan Sumbawa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-gustien-virgianti-11709251046.swf

Download (55MB)

Abstract

Keberhasilan siswa saat belajar matematika dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya adalah motivasi belajar. Memperhatikan pentingnya motivasi tersebut maka tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji tentang motivasi belajar matematika siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Utan Sumbawa pada tahun pelajaran 2012/2013 dengan menggunakan metode survei. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket, ada dua jenis angket yang digunakan yaitu angket motivasi belajar matematika siswa SMP dan angket faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar. Instrumen yang digunakan telah melalui uji validitas, yaitu: validitas isi dan validitas konstruk melalui analisis faktor. Adapun besar reliabilitas untuk instrument motivasi belajar matematika sebesar 0,822, dan estimasi reliabilitas untuk instrument faktor-faktor adalah 0,782 dengan rincian Self-concept matematika sebesar 0,529, kesehatan sebesar 0,509, cita-cita sebesar 0,577, peran orangtua sebesar 0,755, peran guru sebesar 0,629, teman sebaya sebesar 0,651, sarana dan prasarana sebesar 0,675. Data di analisis dengan menggunakan analisis regresi ganda. Analisis ini digunakan untuk mengetahui besar pengaruh ketujuh variabel yaitu Self-concept matematika, kesehatan, cita-cita, peran orangtua, peran guru, teman sebaya, sarana dan prasarana terhadap variabel motivasi belajar matematika siswa SMP di kecamatan Utan Sumbawa. Ukuran sampel dalam penelitian 345 siswa, terdiri dari siswa kelas tujuh, kelas delapan dan kelas sembilan ditentukan dengan menggunakan stratified random sampling. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa SMP di kecamatan Utan Sumbawa berada dalam kategori sedang. Hasil uji regresi ganda dengan α=5% menunjukan bahwa ketujuh variabel independen secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,510. Uji t dengan α=5% menunjukkan bahwa lima variabel yaitu self-concept matematika, peran orangtua, peran guru, teman sebaya, sarana dan prasarana yang mendukung belajar matematika berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Utan Sumbawa, sedangkan dua variabel lainnya yaitu kesehatan dan cita-cita tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar matematika siswa SMP di Kecamatan Utan Sumbawa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar matematika siswa SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12930

Actions (login required)

View Item View Item