Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Media Berbantuan Komputer dan Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Mathematics Self-Efficacy

Erni, Ayda (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Teorema Pythagoras dengan Media Berbantuan Komputer dan Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Mathematics Self-Efficacy. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-erni-ayda-12709259019.swf

Download (119MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika SMP dengan media berbantuan komputer pada materi teorema Pythagoras yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika dan mathematics self-efficacy siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri atas empat tahap, yaitu tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek coba dalam penelitian ini terdiri atas 9 siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 30 siswa untuk uji coba lapangan. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Banyubiru, Kabupaten Semarang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi kegiatan guru, lembar observasi kegiatan siswa, dan kuesioner mathematics self-efficacy. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari lembar penilaian ahli atau validator, penilaian guru, penilaian siswa, observasi kegiatan guru, observasi kegiatan siswa, dan kuesioner mathematics self-efficacy. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah jika banyaknya siswa yang memperoleh nilai tes akhir melebihi KKM sebesar 75% dan siswa yang memiliki skor mathematics self-efficacy pada kriteria tinggi atau sangat tinggi sebanyak 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi siswa dan skor mathematics self-efficacy mereka. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKS, dan media pembelajaran menurut para ahli memiliki kriteria sangat valid. Hasil penilaian guru dan siswa, serta hasil observasi kegiatan guru dan siswa menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki kriteria minimal praktis. Pada akhir kegiatan pembelajaran dilakukan tes akhir dan pengisian angket mathematics self-efficacy oleh siswa, dan hasilnya sebanyak 76,67% siswa memperoleh nilai tes akhir melampaui KKM dan sebanyak 83,34% siswa memiliki skor mathematics self-efficacy pada kategori tinggi atau sangat tinggi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, silabus, RPP, LKS, media, prestasi belajar siswa, mathematics self-efficacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12929

Actions (login required)

View Item View Item