Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa SMA Kelas X Semester Genap

Ernawati, Ernawati (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Approach untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi pada Siswa SMA Kelas X Semester Genap. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ernawati-12709251034.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis open-ended approach yang layak dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), petunjuk kegiatan siswa (PKS), dan tes ketercapaian kompetensi (TKK) pada pelajaran matematika SMA kelas X semester genap. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang terdiri dari sepuluh tahap, yaitu: (1) studi pendahuluan dan pengumpulan data; (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk awal; (6) uji coba terbatas; (7) revisi terhadap produk operasional; (8) uji coba lapangan operasional; (9) revisi produk akhir; dan (10) desiminasi. Subjek uji coba penelitian yaitu 105 siswa, seorang guru SMAN 1 Barabai, seorang guru SMAN 2 Barabai, dan seorang guru SMAN 8 Barabai, Kalimantan Selatan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi keterlaksanaan kegiatan pembelajaran, dan TKK. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika yang layak dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi pada siswa SMA kelas X semester genap, meliputi RPP, PKS, dan TKK. RPP dan PKS yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, sedangkan TKK telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan reliabel. Kevalidan produk terlihat dari hasil uji validasi ahli yang menyatakan bahwa produk mencapai kriteria valid. Kepraktisan produk terlihat dari hasil pengisian lembar penilaian guru yang menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria sangat baik; hasil pengisian lembar penilaian siswa menunjukkan bahwa produk mencapai kriteria sangat baik; dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase minimal keterlaksanaan pembelajaran sebesar 85%. Keefektifan produk terlihat dari perolehan hasil tes ketercapaian kompetensi siswa yang menunjukkan sekitar 79,05% siswa telah mencapai nilai KKM dengan rata-rata nilai 70,89; dan rata-rata skor keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa telah mencapai 60,18, lebih tinggi 46,83 dari pada rata-rata skor keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sebelum penelitian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12928

Actions (login required)

View Item View Item