Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII

Wahyuningsih, Endang (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Lingkaran dengan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah Berorientasi Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-endang-wahyuningsih.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran lingkaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah yang berorientasi pada kemampuan penalaran dan komunikasi matematis dengan kualitas baik. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS). Kualitas hasil pengembangan ditentukan berdasarkan pada kriteria Nieveen yaitu valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) yang menggunakan model pengembangan 4-D dari Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek dalam penelitian ini adalah 64 siswa yang berasal dari dua kelas di SMP Negeri 1 Puring, Kabupaten Kebumen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket penilaian, angket respons siswa, dan tes. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika hasil penilaian para ahli minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan praktis jika hasil penilaian guru, respons siswa, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, masing-masing minimal berkategori “baik”. Perangkat pembelajaran dikatakan efektif jika persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes kemampuan penalaran matematis, tes kemampuan komunikasi matematis, serta tes prestasi belajar matematika minimal mencapai 75%. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran lingkaran dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah berorientasi kemampuan penalaran dan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII. Hasil validasi menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan masing-masing memenuhi kriteria valid dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa RPP dan LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria praktis dan efektif. Kepraktisan mencapai kategori sangat baik berdasarkan penilaian guru, kategori baik berdasarkan respons siswa, dan kategori sangat baik berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Keefektifan mencapai kategori efektif berdasarkan ketuntasan belajar siswa. Persentase banyaknya siswa yang tuntas pada tes kemampuan penalaran matematis mencapai 82,82%, tes kemampuan komunikasi matematis mencapai 76,57%, dan tes prestasi belajar mencapai 79,69%.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12927

Actions (login required)

View Item View Item