Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Penguasaan Standar Kompetensi, Motivasi, dan Minat Siswa SMP

Astutik, Heny Sri (2014) Keefektifan Pembelajaran Berdasarkan Masalah pada Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Penguasaan Standar Kompetensi, Motivasi, dan Minat Siswa SMP. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-heny-sri-astutik.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah ditinjau dari penguasaan standar kompetensi, motivasi, dan minat siswa SMP. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 2 SMP Negeri 4 Kertosono, kabupaten Nganjuk yang berjumlah 284 siswa yang berasal dari 9 kelas. Diambil secara acak 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas yaitu satu kelas digunakan sebagai kelompok eksperimen yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran berdasarkan masalah terdiri dari 29 siswa dan satu kelas sebagai kelompok kontrol yang dalam pembelajarannya menggunakan pembelajaran langsung, kelompok kontrol terdiri dari 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes ketercapaian standar kompetensi berbentuk pilihan ganda dan uraian, angket motivasi belajar, serta angket minat belajar. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pembelajaran berdasarkan masalah digunakan analisis indeks keefektifan dan uji one sample t-test, selanjutnya untuk menguji apakah keefektifan pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran langsung berbeda digunakan uji multivariate dan untuk membandingkan keefektifan data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan kriteria Benferonni. Hasil penelitian adalah: 1) pembelajaran berdasarkan masalah dan pembelajaran langsung efektif ditinjau pada aspek ketercapaian standar kompetensi, motivasi, dan minat belajar siswa; 2) pembelajaran berdasarkan masalah lebih efektif dibandingkan pembelajaran langsung ditinjau pada aspek ketercapaian standar kompetensi, motivasi, dan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran berdasarkan masalah, ketercapaian standar kompetensi, motivasi belajar, minat belajar, bangun ruang sisi dat
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12925

Actions (login required)

View Item View Item