Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended dan Problem Posing ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Pelajaran 2021/2013

Enan, Enan (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open Ended dan Problem Posing ditinjau dari Aspek Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah Bobotsari Tahun Pelajaran 2021/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-enan-11709251026.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui keefektifan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended dan problem posing ditijnau dari aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan pemecahan masalah; 2) Menyelidiki perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open ended dan pendekatan problem posing ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan disain non-equivalen multiple-group-design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Administrasi Perkantoran SMK muhammadiyah Bobotsari tahun 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas. Dari populasi yang ada diambil dua kelas secara acak sebagai sampel yakni kelas X Administrasi Perkantoran 1 dan 4. Selanjutnya dari dua sampel dipilih secara acak untuk diberi perlakuan pembelajaran, hasilnya kelas X Administrasi Perkantoran 1 pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem posing dan kelas X Administrasi Perkantoran 4 pembelajaran dengan menggunakan pendekatan open ended. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes sebanyak 4 soal yang terdiri atas 2 soal untuk mengukur kamampuan berpikir kreatif matematis dan 2 soal untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa. Data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling’s dan uji t. Hasil analisis menunjukan bahwa 1) pendekatan open ended dan problem posing efektif ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis; dan 2) pendekatan open ended lebih efektif dibandingkan pendekatan problem posing ditinjau dari aspek kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Open Ended, Problem Posing, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12924

Actions (login required)

View Item View Item