Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Atas

Yuniarti, Dewi (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Geometri Berbasis Proyek di Sekolah Menengah Atas. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-dewi-yuniarti-12709251056.swf

Download (23MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan model pembelajaran geometri berbasis proyek yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (development research). Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran geometri berbasis proyek dan perangkat pendukung. Adapun model pembelajaran yang dikembangkan akan dideskripsikan pada buku model, sedangkan perangkat pendukung model yang dikembangkan berupa rencana pelaksanaan pembelajaran, buku panduan proyek untuk guru, buku panduan proyek untuk siswa, dan lembar kerja siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Nieveen, N., McKenney, S., & Van den Akker, J. dimulai tahap preliminary research(review literatur), tahap prototyping stage (merancang petunjuk desain), tahap summative evaluation (evaluasi sumatif), dan systematic reflection and documentation (menuliskan keseluruhan studi). Aspek kualitas produk pengembangan berdasarkan kualitas produk dari Nieveen yang terdiri dari 3 aspek yaitu valid, praktis, dan efektif. Subjek uji coba penelitian terdiri atas siswa SMA N 6 Pontianak dan SMA N 7 Pontianak kelas X yang diambil 2 kelas sebagai kelas uji coba. Instrumen pada penelitian ini terdiri atas; (1) kevalidan: penilaian validator tehadap model pembelajaran, rencana pelaksanaan pembelajaran , buku panduan proyek untuk guru, buku panduan proyek untuk siswa, lembar kerja siswa; (2) kepraktisan: lembar penilaian kepraktisan guru, lembar penilaian kepraktisan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, lembar pengamatan aktivitas siswa; dan (3) keefektifan: tes hasil belajar dan angket motivasi belajar siswa. Hasil validasi terhadap model pembelajaran yang dikembangkan dan perangkat pendukungnya yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, buku panduan proyek untuk guru, buku panduan proyek untuk siswa, dan lembar kerja siswa telah memenuhi kriteria valid. Hasil uji coba lapangan 1 dan uji coba lapangan 2 menunjukkan model pembelajaran dan perangkat pendukung model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, model pembelajaran berbasis proyek, geometri
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12919

Actions (login required)

View Item View Item