Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga

Khotimah, Husnul (2014) Kemampuan Berpikir Geometris Siswa Menurut Teori Van Hiele Pada Materi Dimensi Tiga. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-husnul-khotimah-12709251012.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan level kemampuan berpikir geometris siswa SMA negeri di Yogyakarta menurut teori Van Hiele pada materi dimensi tiga dan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir geometris. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah 91 siswa kelas X di tiga SMA negeri Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa tes diagnostik, pedoman wawancara, dan lembar observasi. Kemampuan berpikir geometris siswa dibagi menjadi 4 level menurut teori Van Hiele. Tes diagnostik terdiri dari 5 butir yang disusun berdasarkan karakteristik tiap level. Observasi dan wawancara dilakukan untuk mengidentifikasi penyebab kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kemampuan berpikir geometris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase siswa yang berada di level 0 (visualisasi) adalah 15,4%, level 1 (analisis) adalah 23,1%, level 2 (abstraksi) adalah 28,6%, dan level 3 (deduksi informal) adalah 33%. Faktor yang menyebabkan siswa sulit menguasai level tertentu menurut teori Van Hiele yaitu: perhatian siswa, penggunaan media pembelajaran, jumlah jam belajar, bahasa, kesalahan konsep, dan persepsi visual

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan berpikir geometris, teori Van Hiele, materi dimensi tiga
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12917

Actions (login required)

View Item View Item