Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Kompetensi Segiempat dan Segitiga Siswa Kelas VII SMP

Kristiyani, Ika Murti (2014) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan TGT dengan Menggunakan Pendekatan Open-Ended Ditinjau dari Motivasi Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Kompetensi Segiempat dan Segitiga Siswa Kelas VII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-12709251042-ika-murti-kristiyani.swf

Download (23MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended dan komparasi keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan pendekatan open-ended dan tipe TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended ditinjau dari motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah matematika pada kompetensi segiempat dan segitiga siswa kelas VII SMP. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Minggir Sleman yang terdiri atas tujuh kelas. Dua kelas dari populasi, kelas VII C dan VII D dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Siswa kelas VII C belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pendekatan open-ended. Siswa kelas VII D belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pendekatan open-ended. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) angket motivasi belajar (koefisien reliabilitas sebesar 0,873), dan 2) tes kemampuan pemecahan masalah matematika (koefisien reliabilitas pretest dan posttest sebesar 0,493 dan 0,425). Untuk menguji keefektifan model pembelajaran koperatif tipe STAD dan TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended menggunakan uji one sample t-test. Untuk menguji komparasi keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Bonferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran koperatif tipe STAD dan TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended efektif ditinjau dari motivasi belajar dan kemampuan pemecahan masalah pada kompetensi segiempat dan segitiga siswa kelas VII SMP. Model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih efektif daripada tipe STAD dengan menggunakan pendekatan open-ended ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP pada kompetensi segiempat dan segitiga. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan menggunakan pendekatan open-ended lebih efektif daripada tipe TGT dengan menggunakan pendekatan open-ended ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika pada kompetensi segiempat dan segitiga siswa kelas VII SMP

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, STAD, TGT, pendekatan open-ended, motivasi belajar, kemampuan pemecahan masalah matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12916

Actions (login required)

View Item View Item