Pengaruh Strategi REACT ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Ruang Dimensi Tiga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prestasi Belajar Matematika, dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika Siswa SMA

Marlissa, Inggrid (2014) Pengaruh Strategi REACT ditinjau dari Gaya Kognitif pada Pembelajaran Ruang Dimensi Tiga terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Prestasi Belajar Matematika, dan Apresiasi Siswa terhadap Matematika Siswa SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-inggrid marlissa-12709251026.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang populasinya mencakup seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Ambon yang terdiri dari enam kelas. Dari enam kelas tersebut, kelas X2 dan X4 dipilih secara acak sebagai sampel. Selanjutnya kedua kelas yang terpilih diambil secara acak untuk memilih kelas yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelas X4 sebagai kelas eksperimen diberikan pembelajaran dengan strategi REACT dan kelas X2 sebagai kelas kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan non tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan pemecahan masalah matematika, soal tes prestasi belajar matematika, dan angket apresiasi siswa terhadap matematika. Untuk melihat pengaruh strategi REACT dan gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, data dianalisis menggunakan uji statistik Analisis Varians Multivariat Dua Jalur (Two Way MANOVA), sedangkan untuk menganalisis masing-masing gaya kognitif terhadap ketiga variabel dependen secara simultan, digunakan uji statistik Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Hasil penelitian pada taraf signifikan 5%, menunjukkan bahwa ada pengaruh strategi REACT terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika pada siswa SMA Negeri 10 Ambon. Berdasarkan analisis yang dilakukan, siswa dengan gaya kognitif field independent lebih baik dari siswa dengan gaya kognitif field dependent ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematika, prestasi belajar matematika, dan apresiasi siswa terhadap matematika

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 24 Oct 2022 06:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12915

Actions (login required)

View Item View Item