Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Geometri dan Pengukuran di Kelas VIII SMP

Badrun, Badrun (2014) Keefektifan Metode Pembelajaran Kooperatif Model STAD Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa pada Standar Kompetensi Geometri dan Pengukuran di Kelas VIII SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-badrun-05709251005.swf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkapkan: (1) apakah pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, (2) apakah pembelajaran konvensional dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, dan (3) apakah pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan prestasi dan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Gamping, Sleman, Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah 215 siswa kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2012/2013. Sampel penelitian ini adalah 36 siswa kelas VIII E sebagai kelompok eksperimen dan 35 siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol, yang ditentukan dengan cara pengundian kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis dan kuisioner. Untuk meneliti keefektifan metode pembelajaran ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa data dianalisis dengan uji manova, one sample t-test, dan independent sample t-test. Sebelum data dianalisis, dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas dan homogenitas dengan program SPSS Versi 20. Uji validitas dan reliabilitas instrumen tes menggunakan program AnatesV4-New. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, (2) pembelajaran konvensional dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran tidak efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa, dan (3) pembelajaran kooperatif model STAD dalam pembelajaran standar kompetensi geometri dan pengukuran lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional ditinjau dari peningkatan prestasi belajar siswa dan tidak lebih efektif ditinjau dari peningkatan motivasi belajar siswa SMP Negeri 4 Gamping, Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: STAD, prestasi, motivasi belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12914

Actions (login required)

View Item View Item