Keefektifan Pembelajaran Model STAD dan Direct Learning ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika pada materi Kesebangunan bangun datar SMP kelas IX

Ismanto, Ismanto (2014) Keefektifan Pembelajaran Model STAD dan Direct Learning ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar Matematika pada materi Kesebangunan bangun datar SMP kelas IX. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ismanto-12709259003.swf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dengan pembelajaran langsung (Direct learning) dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan bangun datar dan penggunaannya dalam pemecahan masalah ditinjau dari prestasi dan minat belajar Matematika siswa SMP Negeri 1 Tepus. 2) membandingkan keefektifan antara pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran langsung (Direct learning) dalam pembelajaran matematika materi kesebangunan bangun datar ditinjau dari prestasi dan minat belajar Matematika siswa SMP Negeri 1 Tepus. Penelitian merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tepus, Gunungkidul yang terdiri dari empat kelas sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang dipilih secara acak. Dari dua kelas yang terpilih diambil secara acak lagi untuk menentukan kelas STAD dan Direct Learning. Instrumen penelitian adalah instrumen tes prestasi dengan 20 soal pilihan ganda koefisien reliabilitas r = 0,712 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 1,777 dan angket minat belajar terdiri dari 25 item dengan r = 0,875 dan SEM = 2,717. Seluruh instrumen dinyatakan valid oleh ahli. Analisis faktor instrumen minat menghasilkan 5 faktor meliputi 1) ketertarikan untuk mempelajari matematika; 2) penasaran ketika ada materi/soal yang belum dipahami; 3) perhatian terhadap tugas/materi matematika; 4) ketertarikan terhadap tugas matematika; 5) memilih aktivitas yang berkaitan dengan matematika, dengan total variance explained adalah 71,993%. Analisis data (statistik inferensial) meliputi: 1) uji t one sample 2) analisis multivariat dengan Hotelling’s Trace 3) uji lanjut dengan Equal Variances assumed. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) dan pembelajaran langsung efektif ditinjau dari prestasi dan minat belajar matematika siswa; 2)pembelajaran model Student Teams Achievement Division (STAD) lebih efektif daripada pembelajaran langsung (Direct learning) ditinjau dari minat bel

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran model Student Teams Achievement (STAD), pembelajaran Langsung (Direct learning), prestasi, dan minat belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12912

Actions (login required)

View Item View Item