Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Multimedia pada Materi Dimensi Tiga ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMAN I Aimas Kabupaten Sorong

Tiurma, Lisner (2014) Keefektifan Pembelajaran Menggunakan Multimedia pada Materi Dimensi Tiga ditinjau dari Prestasi Belajar dan Minat Belajar Matematika Siswa SMAN I Aimas Kabupaten Sorong. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-lisner-tiurma-11709251009.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan penggunaan multimedia yang ditinjau dari prestasi belajar dan minat belajar matematika dan (2) mendeskripsikan perbedaan keefektifan prestasi belajar matematika dan minat belajar matematika pada pembelajaran yang menggunakan multimedia dan yang tidak menggunakan multimedia. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest non equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X SMAN I Aimas yang terdiri dari 6 kelas. Kelas XA dan XF ditentukan sebagai sampel penelitian secara random. Kelas XA belajar dengan pembelajaran menggunakan multimedia dan kelas XF belajar dengan pembelajaran tidak menggunakan multimedia. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes prestasi belajar matematika dan angket minat siswa terhadap matematika. Untuk menguji keefektifan pembelajaran matematika dengan pembelajaran yang menggunakan multimedia dan pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia digunakan analisis one sample. Selanjutnya untuk menyelidiki perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pembelajaran yang menggunakan multimedia dan pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotelling dan dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan multimedia efektif ditinjau dari prestasi belajar dan minat siswa belajar matematika, 2) terdapat perbedaan prestasi belajar matematika dan minat siswa belajar matematika menggunakan pembelajaran yang menggunakan multimedia dan pembelajaran yang tidak menggunakan multimedia, dan 3) pembelajaran menggunakan multimedia lebih efektif dibanding pembelajaran tanpa menggunakan multimedia ditinjau dari prestasi belajar matematika dan minat siswa belajar matematika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran multimedia, dimensi tiga, prestasi belajar, minat belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12910

Actions (login required)

View Item View Item