Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student-Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw Ditinjau dari Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Kelas VIII

Marus, Longginus MIda (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student-Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw Ditinjau dari Kreativitas dan Prestasi Belajar Matematika pada Materi Pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Siswa SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
longginus-milda-marus-12709259008.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student-Teams Achievement Divisions (STAD) dan jigsaw ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa dan 2) menyelidiki model pembelajaran kooperatif yang lebih efektif antara kedua model pembelajaran kooperatif tersebut ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pre-test dan post-test. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Langke Rembong. Dua kelas, Kelas VIII-C dan VIII- E ditentukan sebagai sampel secara acak. Kelas VIII-C dikenai perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas VIII-E dikenai perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes dengan soal dalam bentuk uraian. Untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada masing-masing variabel. Data dianalisis secara univariat dengan statistik uji one sample t-test pada taraf signifikansi 5%. Kemudian untuk membandingkan keefektifan model pembelajaran koopeartif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, data dianalisis secara multivariat dengan statistik uji two-group MANOVA pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw efektif ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa, 2) terdapat perbedaan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan jigsaw ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa, dan 3) model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD ditinjau dari kreativitas dan prestasi belajar matematika siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran kooperatif tipe Student-Teams Achievement Divisions (STAD), model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, kreativitas, prestasi belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

View Item View Item