Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Aspek Kognitif dan Masalah Belajar Matematika pada Aspek Afektif Siswa SMA di Kota Baubau dalam Menghadapi Ujian Nasional

Aziz, Aziz (2014) Analisis Kesulitan Belajar Matematika pada Aspek Kognitif dan Masalah Belajar Matematika pada Aspek Afektif Siswa SMA di Kota Baubau dalam Menghadapi Ujian Nasional. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-azis-12709251035.swf

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal matematika, letak kesulitan belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam menyelesaikan soal-soal matematika, dan kategorisasi masalah belajar matematika siswa pada aspek afektif dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 SMA di Kota Baubau. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian dengan metode survei karena peneliti menginginkan informasi yang banyak dan beraneka ragam untuk mendeskripsikan kesulitan belajar matematika siswa SMA di kota Baubau ditinjau dari aspek kognitif dan aspek afektif dalam manghadapi Ujian Nasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII program IPA SMA Negeri yang ada di Kota Baubau tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 1.106 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 346 siswa dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling peneliti memilih 3 sekolah pada masing-masing tingkatan yang dikategorikan tinggi, sedang, dan rendah pada hasil Ujian Nasional pada mata pelajaran matematika tahun 2012/2013. Teknik pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik pengukuran (tes diagnostik yang berupa soal-soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 yang dimodifikasi oleh peneliti), kuisioner, dan wawancara. Analisis data dilakukan selama dan setelah pengumpulan data, agar data yang diperoleh tersusun secara sistematis dan lebih mudah menafsirkan sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa untuk menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 SMA di Kota Baubau dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 berada pada kategori sedang; (2) letak kesulitan belajar matematika siswa pada aspek kognitif dalam menyelesaikan soal-soal Ujian Nasional tahun pelajaran 2012/2013 siswa SMA di Kota Baubau dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 dilihat dari segi pengetahuan faktual dengan persentase interval kesulitan yang dialami oleh siswa sebesar 37,88%<P<41,14%, segi pengetahuan konseptual dengan persentase interval kesulitan yang dialami oleh siswa sebesar 62,51%<P<65,70%, dan segi pengetahuan prosedural dengan persentase interval kesulitan yang dialami oleh siswa sebesar 72,06%<P<75,00%; dan (3) kategorisasi masalah belajar matematika siswa pada kategori aspek afektif dalam menghadapi Ujian Nasional tahun pelajaran 2013/2014 SMA di Kota Baubau secara umum berada pada kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar Matematika, kognitif, afektif, Ujian Nasional SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12907

Actions (login required)

View Item View Item