Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII Program IPA di Kota Yogyakarta

Tias, Ayu aji wedaring (2014) Analisis Kesulitan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematika Kelas XII Program IPA di Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ayu-aji-wedaring-tias-12709251039.swf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Letak kesulitan siswa yang dominan dan (2) Faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika siswa di kota Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Subjek penelitian adalah 94 siswa SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang berasal dari tiga sekolah dengan kategori tinggi, sedang, dan rendah. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan stratified proportional random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dokumen, tes, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang memberikan gambaran mengenai letak dan faktor kesulitan siswa. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, letak kesulitan siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika di SMA Negeri Kota Yogyakarta adalah kesulitan mengingat fakta 1,77%, kesulitan memahami fakta 3,54%, kesulitan menerapkan fakta 3,54%, kesulitan menganalisis fakta 10,18%, kesulitan mengingat konsep 1,33%, kesulitan memahami konsep 13,27%, kesulitan menerapkan konsep 11,95%, kesulitan menganalisis konsep 4,42%, kesulitan memahami prosedur 7,52%, kesulitan menerapkan prosedur 15,49%, kesulitan menganalisis prosedur 16,37%, kesulitan mengingat konsep visual-spasial 1,33%, kesulitan memahami visual-spasial 3,54%, kesulitan menerapakan visual-spasial 3,10%, dan kesulitan menganalisis visual-spasial 2,65%. Kedua, faktor-faktor kesulitan yang dialami siswa SMA dalam memecahkan masalah matematika kelas XII program IPA yakni: siswa kurang teliti, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, lupa, kurang waktu untuk mengerjakan soal, cepat menyerah, terkecoh, dan cemas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: analisis kesulitan, pemecahan masalah matematika, Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12905

Actions (login required)

View Item View Item