Tingkat Keterlaksanaan KTSP pada Pembelajaran Matematika SMA di Kota Yogyakarta dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Nursantosa, Aryadi (2014) Tingkat Keterlaksanaan KTSP pada Pembelajaran Matematika SMA di Kota Yogyakarta dan Dampaknya terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-aryadi-nursantoso-09709251011.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat keterlaksanaan KTSP pada mata pelajaran matematika SMA di Kota Yogyakarta dan dampaknya terhadap hasil belajar matematika siswa, yang meliputi: (1) perencanaan pembelajaran, yang berupa penilaian silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran; (2) pelaksanaan pembelajaran; dan (3) hasil belajar siswa, yang meliputi prestasi belajar dan minat siswa terhadap matematika. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, menggunakan model evaluasi Stake. Subjek penelitian terdiri dari enam guru matematika SMA dan 163 siswa SMA, yang diambil dari tiga SMA yang masing-masing mewakili tingkat akreditasi SMA di Kota Yogyakarta. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar penilaian silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, angket minat dengan skala Likert, serta tes prestasi matematika. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan KTSP pada pembelajaran matematika SMA di Kota Yogyakarta sudah terlaksana dengan sangat baik dan berdampak positif terhadap hasil belajar matematika siswa. Hal itu tercermin dari hasil penilaian silabus yang masuk dalam kategori sangat tinggi sebanyak 100%, hasil penilaian rencana pelaksanaan pembelajaran menunjukkan sebanyak 66,67 % masuk kategori sangat tinggi dan 33,33% masuk kategori tinggi, dan hasil penilaian pelaksanaan pembelajaran menunjukkan sebanyak 22,22% masuk kategori sangat tinggi dan 77,78 % masuk dalam kategori tinggi. Dampak positif dari pelaksanaan KTSP dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang berupa hasil tes prestasi siswa dari sembilan kelas yang diteliti yaitu ketuntasan belajarnya lebih dari atau sama dengan 70%, hanya satu kelas yang dibawah 70%, dan minat belajar siswa yang baik yaitu 19,02% siswa masuk kategori sangat tinggi, 57,06 % siswa masuk kategori tinggi, 23,31% siswa masuk kategori sedang, dan hanya 0,61% siswa yang masuk dalam kategori rendah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: KTSP, perencanaan, pelaksanaan, hasil belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12902

Actions (login required)

View Item View Item