Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills (HOTS) pada Kompetensi Bangun Ruang di SMP Kelas VIII

Riadi, Arifin (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Higher-Order Thinking Skills (HOTS) pada Kompetensi Bangun Ruang di SMP Kelas VIII. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arifin-riadi-12709251046.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran matematika untuk meningkatkan HOTS pada kompetensi bangun ruang di SMP kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah research and development. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall (1983) dengan dimodifikasi menjadi tiga tahap yaitu (1)tahap studi pendahuluan, (2)tahap desain produk, dan (3)tahap pengembangan dan evaluasi. Pengembangan diawali dengan studi pendahuluan yang terdiri dari studi pustaka, survei lapangan, dan perencanaan. Produk yang didesain adalah perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, LKS, dan instrumen evaluasi. Pengembangan dan evaluasi terdiri dari validasi ahli, uji keterbacaan perangkat, uji coba lapangan, dan revisi sehingga dihasilkan produk akhir. Uji coba lapangan dilaksanakan di SMP Negeri 1 Daha Utara dan SMP Negeri 2 Daha Utara. Data yang dikumpulkan adalah berupa kualitas produk yang dikembangkan, data ketercapaian kompetensi dasar, dan pencapaian HOTS peserta didik. Data tentang kualitas produk yang dikembangkan meliputi hasil validasi ahli, penilaian guru dan peserta didik, dan observasi keterlaksanaan pembelajaran, sedangkan data ketercapaian kompetensi dasar dan HOTS peserta didik diperoleh dari tes. Data hasil kevalidan dan kepraktisan dianalisis menggunakan pedoman kategori. Data keefektifan dianalisis menggunakan uji asumsi untuk tes ketercapaian kompetensi dan pedoman kategori untuk HOTS. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika berupa silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif, serta instrumen evaluasi berupa tes pencapaian kompetensi dasar dan HOTS yang valid dan reliabel. Hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan layak digunakan, dengan kategori valid. Dari hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan praktis dan efektif. Kepraktisan dilihat dari hasil penilaian guru dan peserta didik, serta rata-rata persentase keterlaksanaan pembelajaran menggunakan perangkat yang dikembangkan yaitu telah mencapai kategori minimal praktis. Keefektifan dilihat dari independent sample t test bahwa kelas eksperimen yang menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan lebih efektif daripada kelasa kontrol yang tanpa menggunakan perangkat tersebut, serta tercapainya kategori HOTS.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, higher-order thinking skills, bangun ruang di SMP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

View Item View Item