Chrissanti, Maria Isabella (2014) Keefektifan Pendekatan Metakognitif pada Materi Bangun Ruang Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas VIII (Studi Eksperimen di SMP Negeri 3 Banguntapan). S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-maria-isabella-chrissanti-12709251017.swf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif ditinjau dari a.) prestasi belajar, b.) kemampuan berpikir kritis, dan c.) minat belajar matematika siswa; 2) keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan konvensional ditinjau dari a.) prestasi belajar, b.) kemampuan berpikir kritis, dan c.) minat belajar matematika siswa; 3) perbandingan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan metakognitif dan pendekatan konvensional ditinjau dari a.) prestasi belajar, b.) kemampuan berpikir kritis, dan c.) minat belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Banguntapan. Dari delapan kelas diambil secara acak dua kelas. Kelas VIII G diberi perlakuan dengan pendekatan metakognitif, sedangkan kelas VIII H diberi perlakuan dengan pendekatan konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes untuk mengukur prestasi belajar dan kemampuan berpikir kritis, serta angket untuk mengukur minat belajar matematika siswa. Dengan koefisien reliabilitas instrument tes berturut-turut adalah 0,18 dan 0,37, data dianalisis dengan menggunakan uji proporsi dengan hampiran normal. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa: 1. a.) pendekatan metakognitif efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa; b.) pendekatan metakognitif tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis; c.) pendekatan metakognitif efektif ditinjau dari minat belajar matematika siswa; 2. a.) pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa; b.) pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis; c.) pendekatan konvensional efektif ditinjau dari minat belajar matematka siswa; 3. a.) pendekatan metakognitif lebih efektif dibanding pendekatan konvensional ditinjau dari prestasi belajar siswa; b.) pendekatan metakognitif lebih unggul dibanding pendekatan konvensional ditinjau dari kemampuan berpikir kritis; c.) pendekatan metakognitif tidak lebih efektif dibanding pendekatan konvensional ditinjau dari minat belajar matematika siswa SMP Negeri 3 Banguntapan
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendekatan metakognitif, pendekatan konvensional, prestasi belajar, kemampuan berpikir kritis, dan minat belajar matematika siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 12 Mar 2015 06:42 |
Last Modified: | 09 May 2019 01:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |