Perbandingan Keefektifan Problem-Based Learning (PBL) Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Tipe Jigsaw pada Materi Geometri Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X SMA

Sholikhah, Miftakhus (2014) Perbandingan Keefektifan Problem-Based Learning (PBL) Setting Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Tipe Jigsaw pada Materi Geometri Ditinjau dari Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Disposisi Matematis Siswa Kelas X SMA. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-miftakhus-sholikhah-12709251061.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) keefektifan problem-based learning dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (PBL-NHT) dan problem-based learning dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; dan (2) pembelajaran yang lebih efektif antara PBL-NHT dan PBL-Jigsaw ditinjau dari prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis, dan disposisi matematis siswa kelas X SMA. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi Geometri (Dimensi Tiga). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen), yang menggunakan rancangan pretest-postest non-equivalen multiple-group design. Penelitian ini dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, semester dua tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-MIPA 1 (kelompok PBL-NHT) dan X-MIPA 2 (kelompok PBL-Jigsaw). Instrumen yang digunakan adalah tes prestasi belajar matematika berupa 18 soal pilihan ganda, tes kemampuan berpikir kritis berupa empat soal uraian dan angket disposisi matematis yang terdiri dari 12 butir pernyataan dengan koefisien reliabilitas 0,74. Data dianalisis menggunakan uji multivariat (MANOVA) dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelompok eksperimen ini efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan disposisi matematis, tetapi tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar matematika. Kelompok PBL-Jigsaw lebih efektif dibandingkan kelompok PBL-NHT ditinjau dari disposisi matematis, tetapi tidak berbeda jika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis matematis dan prestasi belajar matematika

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem-based learning, numbered head together, jigsaw, prestasi belajar matematika, kemampuan berpikir kritis, disposisi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12897

Actions (login required)

View Item View Item