Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Investigation dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman

Muzayyanah, Arifah (2014) Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing dan Investigation dalam Pembelajaran Geometri Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Sleman. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak-arifah-muzayyanah.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) keefektifan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan problem posing dan investigation ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi dan prestasi belajar matematika; 2) perbandingan keefektifan antara pendekatan problem posing dengan investigation ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping, Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan Pre-test and Post-test design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping yang terdiri dari 206 siswa. Sampel dipilih secara acak dari populasi yang ada dan terpilih siswa kelas VII A diberi perlakuan menggunakan pendekatan problem posing dan siswa kelas VII B diberi perlakuan menggunakan pendekatan investigation. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika serta angket motivasi belajar matematika. Bukti validitas instrumen berupa validitas isi dan konstruk sedangkan estimasi reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Estimasi reliabilitas untuk pre-test dan post-test kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika serta angket motivasi belajar matematika berturut-turut adalah 0,859; 0,861; 0,677; 0,661; dan 0,961. Untuk mengetahui keefektifan pendekatan problem posing dan investigation ditinjau dari masing-masing variabel, data dianalisis dengan one sample t test. Selanjutnya, untuk membandingkan keefektifan pendekatan problem posing dan investigation ditinjau dari seluruh variabel secara multivariat, data dianalisis dengan menggunakan uji T2 Hotteling’s dan independent samples test untuk mengetahui pendekatan mana yang lebih efektif ditinjau dari masing-masing variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan problem posing dan investigation efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis, motivasi dan prestasi belajar matematika; 2) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan investigation lebih atau sama efektif dibandingkan dengan menggunakan pendekatan problem posing ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah matematis dan prestasi belajar matematika; 3) pembelajaran matematika menggunakan pendekatan problem posing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan investigation ditinjau dari motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping, Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12896

Actions (login required)

View Item View Item