Perbandingan Keefektifan Pendekatan Problem Solving dengan Problem Posing pada Pembelajaran Logika Ditinjau dari Aspek Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Metakognitif, dan Sikap Siswa terhadap Proses Pembelajaran Matematika di SMA. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lingsar)

Isnawan, Muhammad Galang (2014) Perbandingan Keefektifan Pendekatan Problem Solving dengan Problem Posing pada Pembelajaran Logika Ditinjau dari Aspek Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Metakognitif, dan Sikap Siswa terhadap Proses Pembelajaran Matematika di SMA. (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Lingsar). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-galang-isnawan-12709251021.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan pembelajaran (problem solving dan problem posing) dan mendeskripsikan bahwa pendekatan problem posing lebih efektif daripada pendekatan problem solving pada pembelajaran logika ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan metakognitif, dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika di SMA. Penelitian ini adalah penelitian quasi experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent comparison-group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Lingsar yang terdiri atas enam kelas. Dari populasi yang ada diambil sampel secara acak sebanyak dua kelas, yaitu siswa Kelas X-1 dan siswa Kelas X-2 sebagai sampel penelitian. Siswa Kelas X-1 belajar dengan menggunakan pendekatan problem solving dan siswa Kelas X-2 belajar dengan menggunakan pendekatan problem posing. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah: 1) tes prestasi belajar matematika, 2) tes dan angket kemampuan metakognitif, dan 3) angket sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika. Untuk menguji keefektifan pendekatan pembelajaran (problem solving dan problem posing), data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Untuk menguji kelebihefektifan pendekatan problem posing daripada pendekatan problem solving, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Benferroni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran (problem solving dan problem posing) efektif dan pendekatan problem posing lebih efektif daripada pendekatan problem solving pada pembelajaran logika ditinjau dari aspek prestasi belajar matematika, kemampuan metakognitif, dan sikap siswa terhadap proses pembelajaran matematika di SMA

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Problem Solving, Pendekatan Problem Posing, Prestasi Belajar Matematika, Kemampuan Metakognitif, Sikap Siswa terhadap Proses Pembelajaran Matematika di SMA
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:42
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12893

Actions (login required)

View Item View Item