Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Purworejo

Wicaksono, Arief Budi (2014) Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 5 Purworejo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-budi-wicaksono-12709251029.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL, dan mendeskripsikan perbandingan keefektifan pendekatan open-ended dan CTL dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Purworejo yang terdiri atas enam kelas. Kelas VIIIE dan VIIIF dipilih secara acak sebagai sampel penelitian. Kelas VIIIE diberi perlakuan dengan pendekatan open-ended dan kelas VIIIF diberi perlakuan dengan pendekatan CTL. Instrumen yang digunakan berupa tes prestasi belajar matematika dan angket motivasi belajar matematika siswa. Untuk menguji keefektifan pendekatan open-ended dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan open-ended dan CTL, data dianalisis dengan menggunakan MANOVA yang kemudian dilanjutkan dengan uji t-Benferroni untuk menentukan pendekatan yang lebih efektif. Hasil penelitian dengan α 5% menunjukkan bahwa pendekatan open-ended dan CTL efektif, dan pendekatan CTL lebih efektif daripada pendekatan open-ended dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar siswa SMP Negeri 5 Purworejo.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Open-Ended, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), Prestasi Belajar Matematika, Motivasi Belajar Matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Program Pascasarjana UNY
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 06 Apr 2016 09:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

View Item View Item