Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Metode Inkuiri

Suhadak, Muhammad (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Menggunakan Metode Inkuiri. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-muhammad-suhadak-12709259007.swf

Download (74MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode inkuiri yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS) dan tes yang valid, praktis, dan efektif ditinjau dari prestasi dan curiosity siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan, yang mengembangkan perangkat pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode inkuiri. Model pengembangan diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall. Pengembangan terdiri dari delapan tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba pendahuluan, revisi produk utama, uji coba utama, revisi produk akhir, dan diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba dalam penelitian ini terdiri dari sembilan siswa untuk uji coba pendahuluan dan 43 siswa untuk uji coba utama. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Biak Kota Kabupaten Biak Numfor. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian guru, lembar penilaian siswa, lembar observasi pembelajaran, tes ulangan harian, dan angket curiosity. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran sistem persamaan linear dua variabel menggunakan metode inkuiri yang meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing silabus, RPP, LKS dan tes valid, praktis, dan efektif. Valid menurut validasi ahli dengan kriteria sangat baik, praktis menurut penilaian guru, lembar penilaian siswa, dan lembar observasi pembelajaran dengan kriteria sangat baik dan efektif ditinjau dari prestasi, dengan 76,74% siswa mencapai KKM serta efektif ditinjau dari curiosity, dengan 100% angket siswa minimal kategori baik

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, sistem persamaan linear dua variabel
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12890

Actions (login required)

View Item View Item