Pengaruh Jenis Media dan Gaya Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Minat Belajar Matematika Kelas VIII SMP pada Pembelajaran Geometri Ruang

Narto, Narto (2014) Pengaruh Jenis Media dan Gaya Belajar Peserta Didik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Koneksi Matematis, dan Minat Belajar Matematika Kelas VIII SMP pada Pembelajaran Geometri Ruang. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-narto-12709259009.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh jenis media pembelajaran terhadap prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan minat belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP dalam pembelajaran geometri ruang untuk: 1) peserta didik secara umum, 2) peserta didik yang bergaya belajar abstract conceptualizing dan yang bergaya belajar concrete experiencing. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu yang menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Banjarnegara tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari delapan kelas. Sampel sebanyak empat kelas ditentukan secara acak; dua kelas (D & E) dikenai pembelajaran dengan manipulatif riil dan dua kelas (A & C) dikenai pembelajaran dengan manipulatif virtual. Instrumen pengumpulan data berupa angket untuk mengukur minat belajar dan mengidentifikasi gaya belajar, tes objektif (pretest dan posttest) untuk mengukur prestasi belajar, dan tes uraian (pretest dan posttest) untuk mengukur kemampuan koneksi matematis. Koefisien reliabilitas dan standard error of measurement (SE) angket minat belajar α = 0,711, SE =3,9094, tes prestasi belajar r = 0,675, SE = 1,7793 (pre-test), r = 0,619, SE = 1,6892 (post-test), dan tes kemampuan koneksi matematis r = 0,577, SE = 5,3029 (pre-test), r = 0,735, SE = 4,2516 (post-test). Uji normalitas data menggunakan jarak Mahalanobis dan uji homogenitas menggunakan Box’s M test (α = 0,05). Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan rata-rata antara kelas manipulatif riil dengan kelas manipulatif virtual digunakan Uji F dengan rumus T2 Hotteling (α = 0,05). Untuk mengetahui variabel dependen yang membuat perbedaan antar kedua kelas digunakan Uji t dengan kriteria Bonferroni (α = 0,05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) untuk peserta didik secara umum, tidak terdapat pengaruh jenis media pembelajaran terhadap prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan minat belajar matematika; 2) untuk masing-masing jenis gaya belajar, terdapat pengaruh jenis media pembelajaran terhadap prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, dan minat belajar matematika. Prestasi belajar dan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang bergaya belajar concrete experiencing yang menggunakan manipulatif riil lebih tinggi daripada yang menggunakan manipulatif virtual. Sebaliknya, prestasi belajar dan kemampuan koneksi matematis peserta didik yang bergaya belajar abstract conceptualizing yang menggunakan manipulatif virtual lebih tinggi daripada yang menggunakan manipulative riil. Tidak terdapat perbedaan minat belajar matematika antara peserta didik yang menggunakan manipulatif riil dengan yang menggunakan manipulatif virtual, baik untuk yang bergaya belajar abstract conceptualizing maupun yang bergaya belajar concrete experiencing

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: jenis media pembelajaran, gaya belajar, prestasi belajar, kemampuan koneksi matematis, minat belajar matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:43
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12889

Actions (login required)

View Item View Item