Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Prestasi, Motivasi, dan Minat Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta

Zukri, Nora Oktania (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Problem Solving dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Prestasi, Motivasi, dan Minat Belajar Siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nora-oktania-zukri-07709251012.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pendekatan problem solving, penemuan terbimbing dan konvensional. (2) membandingkan keefektifan pendekatan problem solving dan penemuan terbimbing dengan konvensional. (3) membandingkan keefektifan pendekatan problem solving dengan penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi, motivasi, dan minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain posttest only multiple non-equivalent group design. Penelitian ini menggunakan dua kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang terdiri atas 9 kelas. Tiga kelas yaitu kelas VIIA, VIIB, dan VIID ditentukan sebagai sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian adalah tes prestasi dengan koefisien reliabilitas r=0,810 dan Standard Error of Measurement (SEM) = 7,774, angket motivasi belajar dengan r=0,833 dan SEM = 3,438, dan angket minat belajar dengan r=0,908 dan SEM = 2,502. Seluruh instrumen dinyatakan valid oleh ahli. Analisis faktor instrumen motivasi dan minat berturut-turut menghasilkan 7 faktor dan 8 faktor dengan total variance explained adalah 60,001% dan 62,828%. Analisis data keefektifan pembelajaran meliputi: (1) uji t one sample digunakan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran problem solving, penemuan terbimbing dan konvensional pada masing-masing variable dependen; (2) analisis multivariat dengan Helmert Contrast yang digunakan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran problem solving, penemuan terbimbing dan konvensional secara simultan pada ketiga variabel dependen; (3) uji t digunakan untuk menganalisis model pembelajaran mana yang lebih efektif antara pembelajaran problem solving dan konvensional serta pembelajaran penemuan terbimbing dan konvensional ditinjau dari prestasi, motivasi dan minat belajar matematika siswa. Hasil penelitian ini yaitu: (1) pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving dan penemuan terbimbing efektif, sedangkan pendekatan konvensional tidak efektif ditinjau dari aspek prestasi, motivasi, dan minat belajar matematika siswa; (2) terdapat perbedaan keefektifan pembelajaran matematika dengan pendekatan problem solving dan pembelajaran matematika dengan penemuan terbimbing ditinjau dari aspek prestasi, motivasi, dan minat belajar matematika siswa; (3) pembelajaran matematika dengan problem solving lebih efektif ditinjau dari prestasi belajar siswa, dan pembelajaran penemuan terbimbing lebih efektif ditinjau dari motivasi dan minat belajar siswa

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: problem solving, penemuan terbimbing, konvensional, prestasi, motivasi dan minat belajar matematika siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Mar 2015 06:44
Last Modified: 09 May 2019 01:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/12886

Actions (login required)

View Item View Item